Binahong


BINAHONG

bunga-binahong1daunbinahongbinahong

..Alhamdulillah koleksi bertambah lagi yaitu Binahong baru dapat sebulan yang lalu dari pusat Anthurium yaitu Karangpadan,solo Jawa tengah…

dan pas ditaman mudah sekali langsung numbuh dan setelah di cari di google manfaat banyak sekali ,..loh. ada juga yang sudah dipabrikan .

dibawah ini salah satu tulisan yang bisa jadi refensi :

TANAMAN ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).

Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo-Semarang setiap kali bekerja. Katanya, binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo.

Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.

Untuk pemakaian dalam, Soejiyo meraciknya sebagai berikut: ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Kalau digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu, hasilnya juga oke punya.

109 Responses

  1. dari literatur yang saya baca binahong memiliki nama ilmiah anredera cordifolia, sedangkan kalau gendola adalah basella rubra. keduanya bersal dari suku yang sama yaitu Basellaceae. tapi sebenarnya saya masih bingung, kandungan bahan kimia apakah yang terdapat di tanaman ini (Binahong)?

  2. tolong dibantu apakah ada alkaloid pada binahong

  3. tolong secepatnya dikasih tau tentang kandungan binahong

  4. maaf baru balas.
    saya juga lagi nyari kandungan kimia belum ketemu

    untuk kandungan kimia baik di luar negeri belum ada yang meneliti secara detailnnya

    http://210.210.145.200/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Natural+Healing&y=cybermed|2|0|3|119

    kalau menurut pribadi
    alkaloid biasa ada di herbal tumbuhan binahong yang khasiatnya
    multi Khasiatnya
    tapi ini perlu diteliti lebih lanjut

    anda tertantang untuk meneliti ?
    ..dari hasil cari di google banyak para sarjana kita sedang meneliti
    tanaman ini.
    thank
    semoga nda termasuk pecinta tanaman obat

  5. Saya mencoba untuk meneliti tanaman binahong ini, jikalau nanti2 ada sesuatu hasil yang dapat saya ceritakan kembali, saya akan mengabari Anda2 yang tertarik

  6. saya tunggu bung ferdy hasilnya.

    selamat meneliti semoga
    sukses bersama anda

  7. apakah ada obat jadi nya yang dijual di apotik ??
    sy tertarik untuk istri yg habis operasi.

  8. di Apotik saya kurang tahu,..kayak nga ada
    di toko herbal cina katanyan ada

    harga lumayan mahal coba liat web dibawah ini kayak jual binahong pabrikan

    http://indonetwork.co.id/BINAJAYA/111785/binahong-dheng-san-chai.htm

    kalau di rumah ada bibit ,..kalau mo
    silakan ke rumah

    adik habis operasi cesar ,..konsumsi juga daun binahong di juz ,..alhamdulillah luka cepat kering.

    • ass, saya mauu dong kalau di kasih bibit or tanamannya, apakah dapat menyembuhkan keputihan yg sudah parah.. kalau iya mhon minta resep nya yg manjur& sebaik nya di konsumsi dlm wktu berapa lama ke tahap penyembuhan total.. serta apakah tanaman ini bisa menyembukan org yg sering mengalami keguguran berulang2, mhon penjelasan nya, smoga brmanfaat, trmksih. wass.

      nabila

      • silakan mampir ke rumah nanti saya kasih gratis bibit binahong untuk mba nabila
        kalau keputihan biasa mengunakan daun sirih ( sirih merah atau hitam lebih bagus ) direbus takaran 10 gram 1-2 daun
        air 2 gelas didihkan dengan api kecil.
        diminum sampai keputihan sembuh. dosis bisa 2 kali sehari pagi end malam
        dari pengalaman yang ada belum pernah dicoba untuk keguguran yang berulang -ulang
        sebaik gunakan herbal sarang semut Insya Allah sembuh

  9. saya siswi sma yang ingin meneliti tanaman ini namun saya tidak dapat menemukan buku tentang ini adakah buku tentang tanaman ini? untuk dapat membantu saya
    terima kasih

  10. dik Tiara
    semoga dik tiara termasuk pecinta tanaman obat.

    untuk refensi buku belum ada yang saya tau,…
    ada berapa refensi artikel bisa di cara di google
    mungkin bung ferdy bisa bantu
    ( beliau juga sedang meneliti tanaman ini ).

    terima kasih

  11. saya mahasiswa yg sedang mengerjakan tugas akhir dan insya Alloh ingin meneliti kandungan kimia pada tanaman binahong, saya mohon bantuan Saudara2 terutama Bung Ferdy untuk berbagi referensi, kalau boleh saya bisa minta alamat mailnya?
    terima kasih

  12. daun binahong berhasiat juga untuk bayi yang sedang menderita panas, caranya daun ditumbuk dan dioleskan/balur(bhs sunda) keseluruh tubuhnya. begitu juga sangat bagus kalau ibunya meminum jus daun binahong itu lebih cepat untuk penyembuhan.

  13. binahong emang tanaman yang mempunyai banyak khasiat, tapi secara eksperimen belum terbukti sepenuhnya kandungan apa yang ada di tanaman satu ini..
    mudah-mudahan kami dalam waktu dekat ini dapat mempublikasikan senyawa kimia yang terkandung didalamnya.
    sukses untuk blognya

  14. wAH OK juga binahong ini. Binahong ini tumbuh subur merambat di pagar pesantren nggak ada yang nyentuh. makasih atas informasinya.

  15. betul banyak banget manfaatnya
    1.Untuk luka karena jatuh berdarah / bengkak
    cuci luka dahulu terus olehkan daun binahong ( dihancurkan)
    bisa juga dilumatkan pakai mulut dan oleh ke yang luka
    biarkan sampai satu hari ( bisa di tutup pakai kasa )
    Insya Allah luka mengering tanpa bekas
    ( untuk luka yang berat bisa beberapa kali dioleskan ) setiap
    hari.
    dan masih banyak yang lainnya.nanti saya ulas kembali dari
    bukti dilapangan.

  16. diterusin kumpulin bukti di lapangannya mas andi, mudah2an berguna buat kita semua

  17. saya penasaran di rmh sy jg menanam binahong. tp belakangan ini saya mendapat info mengenai binahong (gendola) yg berasal dr korea.sebetulnya wujud binahong yg asli spt apa. jika ada gambarnya tlg di kirim ke email saya. terima kasih.

  18. Untuk mba monita
    Silakan bisa diliat dipostingku paling atas
    kalau perlu tanaman bisa mampir ke rumah

    Thank atas Respone dan kunjungannya

    Salam herbal

  19. saya juga pencinta tanaman binahong, daan saya juga banyak buat bibit nya cuma binahong itu harus nya ditanam di tanah langsung dan hasil daun dan batang nya bisa besar2 tp kalau mau dipot juga bisa buat aja bambu2 untuk merambatkannya kalau dirumah tidah punya halaman.
    ini saya kirim kan data2 khasiat binahong:
    BINAHONG
    ANDREA CORDIPOLI (TENORE) STENSIS (LATIN)
    DENG SAN CHI HUSAN / THIEN CHI

    KHASIAT BINAHONG

    1. Menyembuhkan luka dalam dan luar
    ~ Baru Operasi
    ~ Thipus
    ~ Radang Usus
    ~ Luka Bacok, Memar terpukul, Kena Api (Besi Panas)
    ~ Maag
    ~ Wasir (Ambeien)
    2. Pembengkakan Jantung, Pembengkakan Lever
    3. Memulihkan Kondisi Tubuh (Lemah setelah sembuh dari sakit)
    4. Rhematik, Nyeri Otot, Asam Urat
    5. Mencegah Strooke
    6. Sesak Napas
    7. Disentri
    8. Kencing Manis (Diabetes)
    9. Radang Usus Besar
    10. Keputihan
    11. Kelemahan Laki-laki
    12. Menyuburkan Kandungan
    13. Kerusakan Ginjal

    CONTOH PENGGUNAAN (RESEP SEDERHANA)

    A. UMBI (RHIZOMA)

    1). Umbi direbus bersama Daun Sirih Temu Rose dengan jumlah selalu
    ganjil (7,9,11) untuk penyembuhan :
    ~ Pembengkakan Jantung
    ~ Pembengkakan Lever
    ~ Kencing Manis
    ~ Kerusakn Ginjal
    ~ Radang Usus Besar

    2). Umbi dicuci kemudian direbus, disaring dan langsung diminum
    (tiga gelas/hari) untuk penyembuhan :
    ~ Baru Operasi, maag, Thypus Desentri, Kesegaran Jasmani
    (ditambah telor dan Madu),
    ~ Mencegah Strooke, Asam urat, sakit Pinggang (ditambah telor
    dan madu)

    TANAMAN OBAT KELUARGA : BERUPA KHASIAT DAUN AJAIB (BINAHONG)

    Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah (diblender) daun ajaib ini mempunyai khasiat sebagai berikut :

    KATEGORI PENYAKIT BERAT

    • Batuk / Muntah darah : 10 lembar daun ini diminum setiap hari
    • Paru-paru berlubang : 10 lembar setiap hari
    • Kencing manis : 11 lembar / hari
    • Sesak napas / bengek : 7 lembar setiap hari
    • Borok akut yang menahun : 12 lembar setiap hari
    • Patah tulang : 10-20 lembar setiap hari
    • Darah rendah : 8 lembar setiap hari
    • Radang ginjal : 7 lembar setiap hari
    • Segala macam gatal-gatal/ eksim kulit : 9 lembar setiap hari
    • Gegar otak ringan atau berat : 10 – 15 lembar setiap hari
    • Gejala liver : 10 lembar setiap hari

    Untuk katagori penyakit berat tersebut dibutuhkan waktu penyembuhan 1 hingga 6 bulan diusahakan agar bersabar minum obat ini setiap hari.

    KATEGORI PENYAKIT RINGAN

    • Disentri atau buang air besar : 10 lembar daun ini diminum setiap hari
    • Ambeien hingga berdarah : 16 lembar setiap hari
    • Hidung mimisan (berdarah) : 4 lembar setiap hari
    • Habis bedah operasi : 20 lembar setiap hari
    • Luka baker 10 lembar setiap hari
    • Luka akibat kecelakaan/benda tajam : 10 lembar setiap hari
    • Jerawat : 8 lembar setiap hari
    • Usus bengkak : 3 lembar setiaphari
    • Gusi berdarah : 4 lembar setiap hari
    • Kurang nafsu makan : 5 lembar setiap hari
    • Habis bersalin / melahirkan : 7 lembar setiap hari diminum samapai 10 hari
    • Melancarkan haid : 3 lembar setiap hari diminum selama masa haid
    • Menjaga stamina tubuh agar tetap sehat : 1 lembar setiap hari selamanya
    • Penghangat badan : 5 lembar setiap hari
    • Lemah syahwat : 3 lembar setiap hari atau 10 lembar setiap hari dicampur dengan madu

    Untuk kategori penyakit ringan tersebut dibutuhkan pengobatan hanya beberapa hari atau minggu. Untuk anak-anak cukup berikan separuh takaran orang dewasa.

    B. DAUN
    ~ Daun dipipis dengan laos untuk penyembuhan Rhematik
    ~ Daun bersama kunci pepet kemudian direbus untuk cebok untuk
    mengatasi penyakit keputihan.

    C. BATANG
    Untuk mengatasi kelemahan laki-laki
    ~ Diambil getahnya dioleskan pada penis
    ~ Direbus bersama kencur (tiga gelas menjadi satu gelas) diminum
    tiap malam selama satu minggu.

    D. BUNGA
    Bunga direbus dengan air (satu gelas menjadi seperempat gelas) diminum bermanfaat untuk menyuburkan kandungan.

    E. DAUN DAN BATANG ( UNTUK PEMAKAIAN LUAR / BOROK)
    Daun dan Batang ditumbuk halus, kemudian dioleskan (bobok) bagian yang sakit untuk menyembuhkan :
    ~ Memar terpukul
    ~ Luka bacok
    ~ Terkena api/Besi panas
    ~ Rheumatik
    ~ Pegal linu
    ~ Nyeri otot
    ~ Menghaluskan kulit

    F. KATEGORI PENYAKIT BERAT KANKER/TUMOR/GINJAL/DLL
    ~ Daun Binahong : 7 lembar
    ~ Umbi Binahong : 9 buah
    ~ Kapologo : 7 buah
    ~ Kulit daun salam 3 iris
    ~ Mahkota Dewa 9 iris direbus
    Direbus dengan 3 gelas air.

  20. saya mahasiswi yg mngjukn proposal pnlitian dgn menggunakn binahong dan insya Alloh ingin meneliti kandungan kimia pada tanaman binahong, saya mohon bantuan Saudara2 terutama Mas Ferdy untuk berbagi referensi, kalau boleh saya bisa minta alamat mailnya?
    trims..

  21. Saya amy.. Saya menderita pembengkakan jantung.. Sudah sekitar 8bulan.. Sehingga kegiatan sekolah saya berantakan..
    Disitu dijelaskan bahwa umbi binahong dapat menyembuhkan pembengkakan jantung.. Tapi mohon maaf,saya kurang jelas langkah-langkahnya..
    Mohon dijelaskan lebih rinci.. Cara mengolah dan pemakaiannya juga.. Mohon bantuannya..
    Terima kasih

  22. klo mba Amy punya binahong silakan dicoba

    seperti resep diatas yg mba ita kirim
    yaitu bisa pakai umbi umbi bisa didapat dibawa tanah ( akr binahong ) atau diatas tempat tunas tumbuh

    Umbi dicuci dan direbus biasa tarakan rebusan 2:1
    2 gelas air didihkan sisakan satu gelas dan seterusnya
    terus disaring dan diminum 2 kali sehari atau 3 kali sehari.

    bisa juga pakai daun 7-9 daun diblender campur air satu gelas
    campur madu secukupnya di minum 2-3 kali sehari
    pagi -siang-dan menjelang tidur.

    Arternatif kedua bisa pakai Sarang semut

    ( ini saranku karena banyak yang membuktikan untuk jantung bocor bisa sembuh )
    selamat mencoba semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mba Amy.

  23. Iya,, akan saya coba..
    Terima kasih

  24. dear all yang baik,
    saya mau bertanya tentang penggunaan umbi binahong guna pengobatan pembengkakan pada jantung.
    apakah umbi yang di rebus itu yang dikonsumsinya hanya air dari rebusan umbi saja?
    lalu apakah pada saat direbus juga harus dicampur dengan daun binahong & temu rose?
    saya agak sulit mencari temu rose, apakah ada yang tau nama lain dari temu rose?
    bagaimana dengan umbinya, apakah harus dikonsumsi juga?

    mohon infonya

    terima kasih atas attensinya

  25. Salaam,

    Saya mempunyai penyakit kista di payudara dan sudah menjalani operasi 2 kali (tahun 2001 & 2006). Sejak sekitar 2 tahun yang lalu ditemukan juga kista di kedua ovarium saya dengan diameter hampir 6cm dan 5cm. Dokter menyarankan untuk operasi, tetapi saya ingin menjalani pengobatan alterntive terlebih dulu. Saya sekilas membaca artikel tentang daun binahong dan sarang semut, mana yang lebih tepat untuk saya konsumsi sebagai pengobatan kista saya apakah daun binahong atau sarang semut ? mohon penjelasan.

    Terima kasih.

  26. secara bukti dilapangan dari (pasien saya).
    sebaiknya mengunakan tanaman sarang semut
    untuk terapi diperlukan waktu kurang lebih sekitar 2 bulan
    Insya Allah sembuh.
    dan perlu diperhatikan bahwa sarang semut sifat membersihkan racun dalam tubuh dan perlu diimbangi makan
    yang bergizi dan buah dan minum yang banyak.

    Semoga Allah memberikan kesabaran dan menyembuhkan
    penyakit anda.

  27. saya tertarik mengenai tanaman binahong, bagaimana saya mendapatkan bibitnya, saya tinggal di Sumatera Utara Kabupaten Simalungun, berapa harganya dan berpa biaya pengirimannya.

  28. Alamat lengkap ibu dimana?
    nanti Insya Allah saya kirim

    untuk sementara belum dijual bibitnya
    tinggal ganti ongkos kirim saja

    Thank dah mampir

    • ass. saya mahasiswa yg insyaallah akan meneliti ttg daun binahong .. bisa beritahu saya .. saya bs mendapatkan / beli dmn tumbuhannya ???
      dan d rmh tmn saya binahong jg ada tumbuh ttp tdk terlalu byk ,, bs kah di beri info cara menanamnya agar dpt membantu sy melakukan penelitian,, trm ksh :)

  29. Saya pria usia 39 tahun. Akhir2 ini sering terasa pegal2 di kaki. Dari bagian tanaman binahong yg mana yg bs menyembuhkan pegal2 kaki tsb? Terimakasih.

  30. Salam…..
    Saya tertarik dengan pohon binahong karena saya dpt informasi mengenai binahong dr kawan katanya bisa untuk mengobati segala macam penyakit terutama untuk penyakit dalam.Saya mau mencoba untuk ayah saya yg pasca stroke.Dimana kiranya saya bisa mendapatkan pohon binahong dimaksud,apakah ditukang tanaman ada dan kira2 berapa harganya?klo mo pesen dengan bpk berapakah biayanya?terima kasih

  31. Saya minta tolong alamat lengkap tempat anda memperoleh tanaman binahong. saya perlu untuk skripsi saya. di sana bisa untuk pemesanan dalam jumlah banyak tidak? saya butuh banyak sekali. harganya berapa? terimakasih

  32. wassalam…..ini sy ada sekedar input sy punya tante yg ada kista di kandungannya dan dia minum godokan daun tapak dara dan akirnya dkistanya hilang tanpa menjalani operasi….itu udah di USG beberapa kali dan dokter menyatakan sembuh…. terima kasih semoga bermanfaat…

  33. u/ mba dyah ayu,,
    silalan mampir ke rumah
    di Taman Jatisari permai blok EE 34
    jatiasih bekasi.
    butuh daun dan bubit tersedia .

    u/ kiki

    thank atas info,..ternyata kista bisa disembuh dengan tapak dara,..mohon sekalian takaran dan aturan minum?

    ditunggu yah semoga berguna buat kita smua.
    jadi lebih murah untuk sakit kista mengunakan tapak
    dara,..disekitar rumah banyak,

  34. Kalo di Bekasi atau jakarta dimana yah saya bisa mendapatkan kapsul obat herbal binahong…??

    Terima kasih banyak…

  35. Salam…
    Saya tinggal di solo, kebetulan saya punya pohon binahong… udah lama nanemnya… sekitar 2 tahunan… banyak tetangga & teman yg “nular” bibit dr saya…. klo ada yg berniat… silahkan kirim alamat ke email saya : ikhhiyanne@yahoo.com
    semoga bisa membantu…
    Wassalam…..

  36. salam kenal,
    saya berniat untuk menanam tumbuhan binahong dipekarangan rumah, saya di bandung.
    bisa bantu saya untuk mendapatkan bibitnya?
    terima kasih banyak sebelumnya.
    wassalam..

  37. salam kenal juga

    pak ikram bisa hubungi

    silakan hub temanku teteh Sulistyowati
    Jl. purnama 64a KPAD GEgerkalong
    Sulistyowati13@yahoo.com

  38. salam kenal
    saya saat ini sedang menderita patah tulang karena kecelakaan dan berminat untuk mencoba daun binahong.
    bisa dibantu untuk mendapatkan daun/bibitnya?
    saya tinggal di Denpasar, tepatnya di Jl. Serma Katos No.3 Denpasar, Bali.
    terima kasih sebelumnya.
    Wassalam….

  39. kasi tw dunk referensi tenteng binahong…..
    gie penelitian ttg binahong niy…..

  40. Sudah ada di jual dalam bentuk kapsul dari produk tazakka. harganya sekitar 25-30rb an, kebetulan di toko herbal saya ada jual juga. Disetiap toko herbal biasanya ada jual kapsul Binahong ini, kalau ada yg mau beli bisa beli di internet / situs2 obat herbal atau ke saya di syaikhu74a@gmail.com hp. 085296587283 bisa dibantu.

  41. tlg donk yg tau kandungannya dikabari segera y..saya juga mw buat penelitian tugas akhir

  42. yang tau kandungan binahong tlong dikabari y sgera coz buat pnlitian tgs akhir

  43. ternyata di rumahku banyak juga tanaman ini..cuma gak tahu buat apa sih..eh ternyata ada manfaatnya juaga tho..
    kok saya baru tahu ya?

  44. assalam..
    tolng dong!!
    da yg pnya usulan ttg ap yg hrs sy teliti???
    sy ingin meneliti tnaman binahong

  45. Trims Pak Budi aras kiriman Binahong, saya Firman klo ada yang mebutuhkan tanaman tanaman saya ada tanam di pot, saya kasi gratis hub saya 08129050508,trims semoga bermanfaat juga……..wass, Firman,cipete jaksel

  46. u/ penelitian banyak yang bisa diteliti,…
    misal khasiat binahong buat TB,…..dibanding obat dokter
    bihanong buat obat oles panas
    dsb

  47. keren to Informasinya,semoga bagi yg menanam bisa tumbuh subur agar bisa memberi bagi yg membutuhkan.

    Best Regards,
    Ririe Bandoenk

  48. saya ada bibit binahong posisi di yogya kalau ada yang perlu silakan ;tidak pasang tarif hanya suka rela ongkos pembibitan & siram dapat email ke brian.santosa@yahoo.com

  49. saya siswi sekolah menengah farmasi yang ingin meneliti apakah ada alkaloida dan kandungan dalam daun binahong………….
    bila telah mendapat informasi mohon beri kabar
    mkz

  50. titanluph3_4ever@yahoo.com
    beri kbr di email ini

  51. saya pernah mengalami sendiri mujarabnya daun binahong.

    saat itu salah satu ujung jari saya tergencet pintu besi hingga kukunya lepas. lukanya sampai lama belum kering.

    kemudian ada famili yg membawakan daun binahong. 5 lembar daun tsb direbus, kemudian airnya diminum. sehari minum 3 kali. dalam tiga hari saja luka langsung kering dan kemudian berangsur2 kuku saya tumbuh lagi.

    utk berjaga2 kalau suatu ketika ada yg butuh lagi, saya tanam bbrp lembar daun binahong di halaman. dengan air yg cukup, daun tsb cepat tumbuh menjadi tanaman binahong yg lebat, tanpa perlu perawatan.

    tanaman ini tumbuh menjalar ke atas. batang serta daunnya sama sekali tidak mau menyentuh tanah. apabila dalam pertumbuhannya kemudian batang yg baru ada yg menyentuh tanah, batang tsb akan berbalik arah dan merambat ke atas lagi.

  52. wah pingin tuh sy cb khasiatnya..

  53. tolong dibantu apakah ada msyrakat yg hanya mnggunakan umbi binahong saja tanpa campuran jenis tanaman lain sbgai obat kencing manis?,bila ada bagaimana cara meracik umbi binahong tersebut?

  54. tolong saya, diberitahu nama peneliti/judul penelitian yang pernah dipublikasikan di juranal luarnegeri ataupun dalam negeri. biar manfaat binahong ini bukan hanya cerita awam yang belum tentu keilmiahannya, saya yakin kalau keajaiban binahong ini ditunjang oleh hasil penelitian akan lebih mantap toh?

  55. ass.wr.wb
    klo u/ pendarahan di otak resepnya apa yah?
    tolong masukkannya,coz ibu saya bru jatoh di kamar mandi.
    terimakasih atas bantuannya
    wasalam

  56. ass.wr.wb
    minta tolong informasinya untuk pendarahan di otak apa resepnya dr binahong?
    sy tunggu
    thanx wasalam

    • u/ bung Zaenal setahu saya belum ada jurnal ilmiah untuk khasiat binahong ini,…
      baik dalam negeri maupun luar. ada beberapa mahasiswa mo meneliti cuma nga ada kabar lagi,
      ini merupakan tantangan bagi kita terutamayang punya akses Lab ( para mahasiswa dan peneliti )
      kita tunggu saja.

      u/ mba rany
      kondisi ibu anda sekarang gimana ,..pendarahan otak
      dirumah sakit kah?
      saya belum punya pengalam untuk hal yang satu ini.
      mungkin teman punya pengalaman untuk bantu.
      mesti untuk penyembuhan luka dalam dan luar binahong bisa
      dipakai baik umbi dan daunnya.

      • ass.wr.wb
        kmarin saa dikasih daun binahong sm tunangan sy,sy ksih minum ke ibu & hamdallah ada perubahan,tp pas hbis ko ngdrop lg ya mas??
        trus susahnya skrg cr binahong coz dah banyak yg komersilin besar2an
        tolong infonya kl ada yg punya pohonnya
        thanks

  57. Ass, pak Andi.
    saya joewono, sejak 3 tahun lalu divonis penyempitan jantung selama ini berobat dokter dengan biaya yang cukup besar , apakah binahong dapat menyembuhkan penyempitan minimal mengurangi plague yang terbentuk tersebut ? Dan bagaimana untuk memperoleh tanaman tersebut ? Saya tinggal di Jatiwaringin – Bekasi.

    • Wa alaikum salam
      saran saya untuk penyempitan jantung /Bocor
      bisa dipakai Tanaman sarang semut
      berdasarkan pengalaman dibuku Gempur penyakit maut dengan sarang semut
      Insya Allah sembuh.
      bisa juga pakai binahong karena binahong tidak ada efek sampingnya.
      tidak ada salah dicoba Ikhtiar salah satu nya,…dengan catatan jangan dicampur dengan herbal lain.
      kedua herbal tersebut saya punya

      U/ mba rany silakan coba resep daun binahong 10 -12 daun sehari bisa dijuz campur madu atau rebus .

  58. waktu anak saya mengikuti mata pelajaran renang ,dikamar mandi ada keramik yang bolong dan anak saya terpeleset hingga terjatuh.
    dan sobeklah telapak kaki kanan jempolnya ,di kolam renang hanya dibalut kain kasa dan obat merah ,sedangkan darah terus keluar.sampai dirumah saya ganti kain kasa . ………..langsung saya …tumbuk daun ……BINAHONG…….beberapa lembar…hari ke3 …tersandung lagi dan saya tambahkan tumbukkan daun binahong…pd hari ke7 sy coba buka …dan sy kaget karna telapak kaki kananjempolnya sudah bagus lagi dan halus

  59. Td malem sekitar jam 2 ayah saya asmanya kambuh, kami panik krn saat itu kebetulan pula obat semprot asmanya kosong dan persediaan obat asma yg lainnyapun gak ada, terus saya berinisiatif merebus 7 lbr daun binahong yg sudah diiris halus dg segelas air, lalu hangat2 sy berikan ke ayah dan langsung di minum. Alhamdulilah setelah beberapa saat ayah sy merasa pernafasannya longgar lagi dan dpt beraktifitas kembali di pagi hari tanpa keluhan pernafasan.

    • Alhamdulillah satu bukti Allah sayang sama kita,..
      menciptakan tumbuhan herbal yang sangat bermanfaat buat kita
      yuk kita sama -sama budidaya tanaman binahong dan herbal lain
      didepan rumah kita, mudah sekali dan sangat bermanfaat buat kita semua
      buat tetangga,…Alhamdulilah khasiat manfaat kami rasakan,..jika kena air panas minyak
      jatuh bengkak,..letih tinggal petik daun binahong,..depan rumah,…

      • yang tertulis, binahong baik unt darah rendah. apakah ini artinya tidak baik unt darah tinggi ? Wass

      • Mas Trijono
        binahong
        baik juga untuk darah tinggi dan darah rendah

  60. mw tanya, untuk pengobatan ambeien/wasir bgmana caranya? ada yang tahu? makasih

  61. ada buku yang mendeskripsikan tentang binahong ga?

  62. saya baca bahwa buat pengobatan disentri itu daun nya apa rhizomanya soalnya keduanya bisa mengobati disentri

  63. pengalaman saya,saya pernah kena ambeien trus kedokter sampai habis biaya lumayan ,sebulan kemudian kambuh lagi.trus saya minum rebusan umbi binahong selama 2 hari Alhmdulillah sembuh,

    • Thank info pak nanang semoga yang lain bisa mencoba untuk kesembuhan ambien

  64. saya bisa daptkan pohon binahong dimana ya..?? bs kirim alamtnya, krn sy mau cb tanam dirumah saya..trims

    • silakan mba dian alamat dimana nanti saya kirim

  65. Gimana caranya bikin ramuan binahong untuk amandel pada anak umur 5 thn? amankah? thx

    • untuk ramuan binahong ambil daun binahong 7daun dicuci bersih dulu terus dijuz dengan air matang satu gelas. untuk anak 5 tahun dari juz tadi ambil 1/4 gelas terus dicampur madu satu sendok. diminum pagi dan menjelang tidur.
      selamat mencoba semoga cepat sembuh

  66. ass, saya mau dong kalau di kasih bibit or tanaman binahong nyaa.. apakah binahong dapat menyembuhkan penyakit keputihan yg sudah parah mohon pnjelasan resep nya yg kumplit&manjur.. serta apakah dapat mengobati org yg sering mengalami keguguran berulang2.. ke tahap penyembuhan total sebaiknya di konsumsi dlm jangka wktu brapa bln.. mhon penjelasan nya, smga mnjadi manfaat yg baik, trmksih. wass

  67. Bismillah…
    Saya punya pengalaman konkrit dengan daun binahong, kemarin pas liburan ke bandung, adik ipar kena musibah, terserempet motor. Walhasil kakinya memar dan mengeluarkan darah….
    Ibu mertua –berdasarkan pengalamannya– mengoleskan binahong yang sudah ditumbuk terlebih dahulu.
    Alhamdulillah, memar dan pendarahannya sembuh dalam waktu sehari, dia pun langsung bisa kerja kembali ke Bekasi…
    Maha Suci Allah yang menciptakan sakit sekaligus obatnya…!!

    • Alhamdulillah pak judi sudah merasakan
      tularkan terus khasiat binahong
      akan menjadi sedekah,…
      thank dah mampir

  68. sy mo tnya sy indri umur sy 14 thn
    ini misteri sya selama mempunyai penyakit amndel .
    kata orang daun perasan amandel bisa menyembuhkan penyakit amandel apakah benar ? saya sudah pernah mencobanya tapi kurang berhasil bagaimana ya tolong ???????

    • dik Indri,..yang dimaksud daun perasan amandel,..itu daun apa?
      klo pakai daun binahong Insya Allah bisa,..

  69. Saya mau tanya bagaimana ramuan amandel buat org yg sudah lama mnderita amandel,dr kecil smpe skrg berumur 27thun?

  70. Saya mohon segera d balas…
    Soalnya saya sudah berobat k sana sini amandelnya tidak sembuh2…kata dokter harus di operasi,tp saya mau sembuh tanpa d operasi..makanya saya mau mencoba binahong ini..tolong segera di bls y

    • Aku dah kirim ke email ina_queen81@yahoo.com sayang mental terus
      Untuk penyakit amanhdel bisa mengunakan binahong dengan cara:
      daun binahong dijuz dengan air satu gelas ditambah madu satu sendok ( daun 7 daun )
      atau 10gram umbi binahong direbus dengan 2 gelas air di didihkan jadi satu gelas ( u/ dua gelas atau lebih tinggal kalikan saja)

      untuk amandel efek dari binahong itu anti radang,.artinya binahong yang bengkak merah itu akan mengecil kembali normal
      sehingga efek dari amandel seperti radang ,demam, Insya Allah bisa sembuh disamping stabina semakin okey
      sedangkan untuk amandel menurut saya akan tetap besar tapi tidak bengkak,…
      itu saja. silakan mencoba semoga cepat sembuh.

  71. awalnya sy kurang begitu yakin dng manfaat binahong. tp setelah sy coba ternyata banyak banget manfaatnya. misalnya :
    1. Anak sy perempuan (10 bln), krn sering menggunakan pampers akhirnya pantat n sekitar kemaluannya merah, sudah pake salep tp gak sembuh-sembuh. sy olesi pake daun binahong alhamdulillah sembuh mulus lagi.
    2. anak pertama (4 thn) kesiram air panas n kejepit pintu mobil, sy perban pake daun binahong alhamdulillah sembuh 1 hari tanpa bekas
    3. terbaru, kedua anak sy terkena cacar air, sy olesi dng daun binahong alhamdulillah hilang tanpa bekas dalam waktu 3 hari
    4. Pembantu adik sy radang tenggorokan, lendir binahong dr daunnya diminum alhamdulillah besoknya sudah sehat kembali.

    mulai sekarang, sy n kel pasti menggunakan binahong u/ menjaga kesehatan kami sekeluarga. AJAIB

  72. Subhanallah….bnyk banget ya mas manfaat tanaman binahong ini,kalo di bandung dimana yah mas bisa saya dapetin u/ ditanam sendiri(ada no telp)…makasi sharenya yg sgt bermanfaat u qt smua

    • silakan hubungi teteh sulys 08170256402

  73. wah postingan saya dihapus mas? Berarti bener dong kata sy?. Memalukan.
    mana bisa satu obat menurukan&menaikkan darah. Ck ck parah.
    :maho :bata :bata :bata
    gag takut kualat ni org.

    • Nga dihapus,Terserah aja deh, fakta begitu,
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  74. Boleh saya minta sedikit tanaman ini atau saya beli untuk kaka yg baru operasi usus. Kalau boleh, dimana harus saya ambil? Terimakasih.
    Salam,
    Marida

  75. Subhanallah

  76. Askum,
    Mau tanya nih, apakah binahong jg bs mengobati kanker payudara?klo pun bisa mohon saya diberi ramuanny, tlong d krm d email saya feita_sasnoes07@yahoo.co.id,
    Mohon bantuannya, Terima kasih

  77. Saya bru bca ttg tanaman binahong di majalah kesehatan n sya tertarik utk menanam bibitnya krn kbtulan suami sya pny maag akut, tp sya susah sekali utk dapetin bibitnya krn gak tau ada dmn.. Kebetulan sya baca blog mas ini, boleh gak klo sya minta bibitnya? Sya ada di daerah tangerang..ato sya mnt pin bb/almt fb mas aja klo boleh send ke email sya dul.myown@gmail.com..thanx..

  78. sy hbs operasi kecil keluarin cairan di paru2 trs sy di blg kena tbc,,sy jg sedang minum obat paket,,apkh binahong bs juga utk menyembuhkan tbc n kolesterol?mhn infonya,tks

    • Apakah daun binahong bisa untuk mengobati cacar air? Lebih baik ditumbuk atau diminum, serta berapakah dosisnya yg baik jika akan mengkonsumsi daun binahong?

      • daun dijuz,..5 daun dengan air matang,..campur madu satu sendok makan.enakan dijuz lebih nikmat,..dimakan langsung juga bisa tapi rasa nga enak

  79. mas mo nanya donk binahong itukan bisa buat diabetes yah?udah ada penelitian lebih lanjut belum,trus minta refensi buku nya donk…

  80. klo buat ngobatin borok diabetes bisa ngga plisssss makasih jawabannya

    • bisa silakan untuk dioles kebagain luka bisa mengunakan daun dengan dihaluskan,
      bagus lagi mengunakan umi dihaluskan sampai halus
      dan dioleskan seperti lem ke luka nanti akan menyatu dengan luka
      dan mengelupas ketika luka mengering sembuh

  81. Maaf mau nanya, terkait kandungan daun binahong, saya dan teman-teman saya sedang mencoba inovasi daun binahong dijadikan keripik untuk penyembuhan asam urat, kira-kira apakah kandungannya nanti bisa hilang jika digoreng? terima kasih bung,… :)

    • perlu dibuktikan kayak untuk kasiatnya
      dengan mencoba sendiri atau kepada orang lain
      selamat mencoba. kemungkinan bisa dengan memperhatikan minyak goreng yang bagus
      kalau dah jadi boleh kirim ke tempatku,..ditunggu kabarnya

  82. klo buat luka diabetes daun binahong boleh ngga

    • Insya Allah bisa ,.dengan meminumnya bisa dijuz dengan daun 5-7 daun satu gelas madu satu sendok
      dan luka bisa dioles dengan menghaluskan daun atau umbi sampai rata hingga mengering lukannya.thank

  83. Apakah ada dampaknya terhadap rasa maupun khasiat binahong itu sendiri “Jika media penanaman tanaman binahong diberi pupuk atau zat lain ?”

  84. Apakah dalam suatu pengobatan dengan menggunakan masing-masing bagian dari tanaman binahong itu memiliki fungsi yang berbeda-beda, mohon penjelasannya :)

  85. Kaskus Jual Beli…

    [...]Binahong « Myherbal[...]…

  86. asalamualaikum.
    saya punya produk obat binahong (kapsul) asli produksi PT surya bintang lampung,sudah terdaftar di depkes R.I..
    kalo ada yang berminat hub 085723973704.untuk info lebih lengkap hub no di atas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: