Jamur Dipo


Lima belas tahun lalu terkuak fakta, jamur dipo mampu mengendalikan diabetes mellitus. Toh, kebenaran itu diragukan lantaran belum ada satu pun penelitian ilmiahnya. Kini, sepuluh tahun terakhir, sejumlah riset memangkas keraguan itu.Di era 90-an Trubus mencatat, sekitar 30 jenis penyakit seperti rematik, asam urat, impotensi, prostat, kanker, dan AIDS takluk oleh jamur itu. Setiawan Dalimartha, pakar obat tradisional, ketika diwawancarai Trubus menyatakan vitamin dan asam amino pada helden pilz-sebutan jamur dipo di Jerman-menghilangkan rematik, pegal, dan lesu. Namun, khasiat menyembuhkan kanker, lever, maupun diabetes masih sebatas pengalaman beberapa orang saja. Yang memperbaiki kinerja pankreas memacu produksi insulin juga belum ditemukan, kata Setiawan.

Hal senada disampaikan Prof Dr Sumali Wiryowidagdo, ahli farmasi Universitas Indonesia. Ketua Pusat Studi Bahan Obat Alam UI itu menyatakan sifat jamur dipo mirip yogurt lantaran proses pembuatannya sama. Melalui 8 hari proses fermentasi, koloni bakteri berkhasiat positif berkembang biak dan menghasilkan produk metabolisme baru. Namun, jenis dan produk bakteri serta ragi yang bersimbiosis tak diketahui jenis dan toksisitasnya.

AsamSelama 10 tahun berikutnya, khasiat kombucha tetap menyisakan keraguan. Titik terang muncul pada 1996. Banyaknya kasus penyembuhan penyakit oleh jamur yang dikenal sejak 425 M itu menggerakkan para peneliti mengungkap misteri. Tahun itu, Dr Philipe J. Blanc, periset Ohio State University, Amerika Serikat, mulai meneliti misteri di balik lempengan mirip nata de coco itu seperti yang dilansir Bioteknologi Letter Journal.

Jamur dipo mengandung asam-asam yang sulit ditemukan pada bahan makanan dan minuman lain. Sebut saja, asam glukonat, asam glukoronat, asam laktat, asam asetat, asam glukonolakton, asam D-glukarat, asam 2-keto-D-glukonat, dan usnat. Kombucha juga menghasilkan berbagai macam vitamin C dan kelompok vitamin B lengkap dari hasil sintesis jamur terhadap teh tempatnya bertumpangsari.

Hal serupa disampaikan C J Greenwalt, periset Departemen Ilmu Pangan di Cornell University, Amerika Serikat, pada 1997.

Riset yang dikutip oleh Journal of Food Science and Nutrition itu mengungkap, jamur teh terdiri atas bakteri-bakteri yang bersimbiosis dengan ragi. Jenis bakterinya Acetobacter xylinum, A. xylinoides, A. pasteurianus, dan Bacterium gluconicum. Sedangkan raginya berupa Schizosaccaromyces pombe, S. ludwigii, dan S. cereviseae. Cara kerjanya, Acetobacter xylinium mensintesis gula sehingga terbentuk jaringan selulosa yang mengapung. Ragi mengkonversi sukrosa yang diperoleh dari gula dalam teh menjadi fruktosa dan glukosa, pada akhirnya menghasilkan etanol.

KontaminasiPembuktian efek antikanker kombucha dilakukan oleh Central Oncological Research Unit, Rusia dan Russian Academy Moscow pada 1998. Dua kelompok tikus albino diinjeksi senyawa penyebab tumor. Lantas, satu kelompok diberi asupan kombucha 20 ml/kg sedangkan kelompok lainnya tidak mengkonsumsi apa pun.

Hasilnya, konsumsi kombucha selama 3 minggu menghambat tumbuhnya sel tumor. Para periset menyimpulkan, tak hanya polifenol yang berpengaruh. Konsumsi rutin harian meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi interferon yang mematikan sel kanker. Interferon dihasilkan asam glukoronat saat fermentasi.

Namun, asupan teh jamur berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Sebab, polifenol berlebih dalam tubuh mengikat mineral dan mengakibatkan defisiensi. Hal itu memberatkan kinerja hati mengurai makanan dan berujung pada kerusakan. Penelitiannya dilakukan Perron A dalam Analysis of Emergency Medicine Journal pada 1995.

Kelebihan polifenol terjadi karena kontaminasi saat mengembangbiakkan teh jamur. Itu sebabnya wadah harus gelas. Wadah plastik menyebabkan zat-zat berbahaya terserap selama fermentasi. Tak jarang, teh yang terkontaminasi tak terlihat secara kasat mata.

Jerih payah para ilmuwan itu menjadi titik tolak untuk mengikis keraguan kombucha. Di balik khasiat itu, terbukti ada ancaman tersembunyi yang mengundang bahaya bagi kesehatan. (Vina Fitriani).

Oleh trubus Kamis, 15 Februari 2007 17:37:24

27 Responses

  1. Jamur dipo disini Diponegoro apa di-Ponorogo yang jelas dong sekalian ama fotonya, kali juga diponegoro naik kuda sama pakai helm

  2. thank atas komentarnya ,..
    biaa aja nie,..bung hafizh
    punya yang tanaman herbal apa nie bung hafizh atau mas hafizh panggil apa niee?
    barangkali aku blum punya,,
    nama lain jamur dipo disebut juga jamur kambucha
    klo tanya nenek atau bunyut kita pernah kenal trus menghilang,..mungkin karena terlupa atau tidak dirawat ,lebih jelas bsa buka web dibawah ini
    sorry belum bisa sempat upload gambarnya.
    syukron kasiro.

    http://www.kombu.de/fasz-ind.htm

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kombucha

  3. Saya sudah menggunakan kombucha sejak dua bulan lalu, memang terasa sekali kasiatnya, asma, rematik jadi hilang. Tapi sekarang saya sedang hamil satu bulan, umur saya 32 tahun, pertanyaan saya apakah jamur ini berakibat buruk pada kehamilan, terus terang saya agak ragu melanjutkan pemakaian, saya takut ada efek yg membahayakan janin. Terima kasih

  4. alhamdulillah Mba novita sudah merasakan khasiat
    semoga mba juga menginformasikan
    dan membagikan kepada yang lainnya
    akan khasiat jamur untuk membantu tetangga yang menderita sakit.

    Benar mbah
    sebaiknya untuk hamil muda setahu saya
    tidak dianjurkan dan juga buat anak dibawah dua tahun
    lebih baik jangan dulu mengkomsumsinya.
    ibu bisa menganti dengan buah buahan yang bermanfaat
    buat janin seperti juz alpokat tanpa gula
    dan susu kedelai yang kaya protein nabati

    sumber u/ ibu hamil tidak dianjurkan silakan buka :
    http://www.kompas.com/kesehatan/news/0503/04/084428.htm – 30k

  5. saya sedang meneliti soal kadar glukosa dan vitamin C dalam teh kombucha selama fermentasi, apakah mengalami peningkatan atau penurunan? apakah anda memiliki informasi tentang ini, sebaiknya dari jurnal. terima kasih

  6. Terima kasih bung suroto dan salam kenal

    sebaga bung suroto termasuk pencinta tanaman herbal.

    http://www.pkm.dikti.net/pkmi_award_2006/pdf/pkmi06_154.pdf

    silakan anda baca diatas untuk refensi jurnal

    thank

  7. Ass

    Untuk Novita lembayungtosca, untuk orang hamil memang tidak dianjurkan minum obat termasuk herbal, karena efek smaping bagi ibu dan janin-nya

    Biasanya yang saya lakukan, adalah melakukan transfer energ. Manfaat transfer energy :
    1. Memperkuat rahim
    2. Melancarkan metabolisme (chi)
    3. Bayi sehat (bahkan sampai umur 1 tahun, terbebas dari batuk, pilek umumnya menyerang balita, termasuk tidak akan sakit panas, jika melakukan vaksinasi)
    4. Perut ibu kembali ke bentuk semula, sebelum hamil, dalam waktu 1 bulan setelah melahirkan

    Informasi lebih lanjut

    http://www.yularso.com
    yularso@gmail.com

    Ir. Adi Yularso, MM
    Grand Master Ki

  8. apa benar kombucha itu haram dalam hukum islam berdasarkan artikel yang saya baca kompas 19 februari 2008 dan apakah kombucha ddapat terkontaminasi oleh udara dan air apa bila direndam dalam jangka waktu yang lama, mohon informasinya. karena saya ingin sekali mencoba dengan riwayat penyakit keram usus yang telah saya alami selam 1 tahun belakangan ini, namun dengan adanya kesimpang siuran informasi ttg kombucha saya menjadi ragu. mohon informasinya.

  9. salam kenal mba yulia

    Sebelum saya konsumsi air jamur teh,..merasakan hal yang sama tentang kehalalnya.( mohon info kompas ,aku dah cari belum ketemu yang anda maksud)
    dari beberapa sumber dapat disimpulkan tentang kehalalanya
    air jamur teh adalah hasil fermentasi dari air gula sama seperti tape,..yogurt dan tidak diragukan lagi kehalalnya.
    silakan pelajari:

    http://www.eramuslim.com/ustadz/mkn/7810152816-teh-kombucha-halal-atau-haram.htm

    http://www.halalguide.info/content/view/909/1/

    mengenai kontaminasi dengan air dan udara? maksudnya gimana?
    untuk proses pembuatan yang pasti butuh air teh manis
    lebih baik air teh hijau tentunya.
    untu proses yang lama selama air jamur teh ada dan tertutup secara rapat dengan kain bersih aman untuk dikonsumsi.
    yang dikhawatirkan adalah toples beling terbuka dan banyak makhluk yang masuk seperti semut,..lalat,..dsb
    tentu akan terkontaminasi oleh hal yang tidak di inginkan
    ( lalat bisa meninggal telur dan berkembang biak diatas air jamur ). ciri ciri air jamur terkontaminasi jamur lain adalah
    warna jamur kehitaman ditengah tengah sebabkan oleh jamur lain hal ini jarang terjadi kecuali toples kurang bersih dalam mencucinya.

    ada juga artenatif lain utuk kram usus yaitu extrak kunyit putih .

    Selama mencoba dan semoga lekas sembuh.
    untuk info lebih jauh silakan email saya andi_sup@yahoo.com

  10. Mas berapa kadar gula yang diberikan kedalam air teh, untuk fermentasi selama 8 hari ? Sehari sebaiknya minum berapa gelas air jamur diponya ?

  11. mas santo
    untuk kadar air gula tegantung toples air tehnya dan
    wadah fermentasi sebesar semakin banyak
    seperti membuat teh manis saja.
    sesuai selera semakin manis semakin bagus untuk
    rasa minumanya.

    untuk terapi penyakit sebaik 2 kali sehari pagi dan malam menjelang tidur.
    untuk konsumsi kesehatan sehari cukup pagi saja atau malam.
    untuk jelas liat di meramu cara membuat air teh Dipo

    Thank

  12. Ibu saya sekarang rutin meminum air teh dipo,untuk penyembuhan penykit batu empedu,info ini saya dapat dari teman saya dan memberikan bibit jamur dipo ke saya. saya ingin menykinkan apakah jamur dipo juga berkasiat untuk menyembuhkan batu empedu.

  13. O iya buat bu yuliantina teh jamur jangan direndam lama-lama, maksimum 7 hari aja, kalo lebih takutnya jadi alkohol. saya saja cukup 3-4 hari saja. dan jenis tehnya adalah teh hijau.

  14. saya ibu menyusui apaboleh mengkonsumsi kombucha??..
    seberapa besar pengaruhnya terhadap asi..
    thx

  15. Pak Andi,

    Saya ingin bertanya apa ada kesan sampingan kepada hati sepertimana dalam artikel/keterangan pak andi komentar di web ini.

    Terima kasih atas bantuan dan pertolongan

  16. yth bapak/ibu pembina rubrik ini,

    perkenankan saya untuk bertanya tt kombucha.
    saya pernah membuat kombucha dng bibit dari beli pada penjual kombucha.
    setelah saya coba, ternyata bagian atas tidak terbentuk lapisan tebal spt pada umumnya, dan setelah 2 minggu saya panen. rasanya masam dan aroma asam yg menusuk.
    pertanyaan saya, apakah hasil ini boleh diminum, atau seperti apa sebenarnya kombucha yg benar.
    trima kasih sebelumnya atas perhatian dan petunjukannya.
    salam
    halim

    • yth bapak halim
      klo 2 masih 2 minggu belum berbentuk lapisan tebal diatasnya butuh waktu 1 bulan,…
      mang klo dah 2 minggu rasa asam,..menusuk,..bloh diminum ( asal tidak pahit tidak apa2 ).
      untuk pemula sebaik sedikit 1/4 gelas ditambah air,…atau madu.
      sebaiknya cukup 3-4 klo buat orang sehat
      dan 7 harian buat penyakit rematik,..dan 14 hari tuk penyakit diabetes,.tumor
      dll.

      Terima kasih dah mampir

  17. saya dapat bibit dari om saya kemarin.
    belum sempat di fermentasi.
    semula saya ragu karena kurang informasi..
    dan masih penasaran, baru denger ni.
    dan semoga bang andi bersedia dan berkenan berbagi ilmu lebih dalam lagi
    tks.

    • dengan senang hati,…kita sama berbagi,..
      silakan klo ada yang ditanyain ato ngalamin kesulitan

  18. slam knl saya bima asli demak,.pak saya tertarik klhatanya ini kan jadi obat trdasional yang baik, buka keagenan ga pak???di semarang ada cabangnya???biar bisa main kesana.thx

  19. Yuk kita sharing informasi Kombucha..

    http://indokombucha.wordpress.com

    Cheers! :D

  20. sangat bermanfaat mas..ilmu yang mas bagi mell blog ini
    saya membaca tawaran bisnis jamur dipo
    apa mas memiliki feasibility studi- nya ?
    matur nuwun sakderengipun nggih.. wass..

    • Thank semoga bermanfaat banyak blog ku ini

      untuk Feasibility studi belum,..karena online
      udah,…lewat telpon2 end blog ini,.eh,..eh
      mungkin ada masukan, mba atau mas nie Vitradesie dan bantu tuk pembentukan studynya

      thank

      • mba desie… aku lg ngajar studi kelayakan bisnis. kalo dah jd ntar tak kirimin wis mas..

  21. dimana ya komunitas herbal
    tolong asya ya
    terimakasih

  22. mas saya mau tanya berbahaya apa enggak sih kalau pembuatan jamur tersebut menggunakan toples plastik.soalnya gini.pas kmren saya ke KALTIM saya dikash bibit jamur tersbt. ibu saya pun mengolahnya menggunakan toples plastik. dan sampai skrg blm diangkt jamur tersebt dr dlm toples. bagaimana itu mas.?
    apakah stlh mengkonsumsi perut akan terasa panas.?
    apakah berbahaya bagi rahim.?
    maaf mas y saya banyak bertanya tp tlg dijawab y mas

    • sebaiknya dihindari pengunakan toples plastik,..walaupun diperbolehkan plastik yang aman untuk makanan( tebal)
      sebaiknya mengunakan toples beling
      proses bisa diulangi dengan mengambil jamur dan membuang airnya
      dan cuci dan kemudian dipindahkan ke toples bening
      thank mba lellyana

      thank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: